Inspiring the World

Eka Maulana, ST., MT., M.Eng

Workshop dan IoT Design Contest

IoT 2017Di era di mana internet sudah merambah hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat, maka Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Brawijaya mengadakan  IoT (Internet of Things) Design Contest and Workshop. Tujuan kegiatan ini adalah agar Mahasiswa teknik elektro memiliki wawasan yang luas mengenai Internet of Thing serta dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu mahasiswa diharapkan mampu mendesain aplikasi berbasis IoT dalam bidang industri. Read More…

Internet of Things (IoT) Dissemination

(22 / Oct / 2017), IEEE (Institute for Electrical and Electronics Engineers) UB Student Branch successfully held Dissemination and Workshop of Internet of Things . In collaboration with Power Systems Engineering and Energy Management Research Group (PSeeMRG), the event entitled “Pervasive Innovation Begins Here” invites 2 keynote speakers; M. Aziz Muslim, ST, MT, Ph.D and Eka Maulana, ST, MT, M.Eng., MIAENG, MIEEE.

In his speech as well as his keynote speech, Aziz Muslim Ph.D who is also chairman of the UB Electrical Engineering Department, said that this is the event of IEEE UB Student Branch after IEEE Colloquium. In the future, this event will held a series of event ends with Idea Exhibition from the participants.

“Our hope is that electrical engineering students can have innovation and technological creations related to the internet of things.”He said. Read More…

Pelatihan Metode Penulisan Karya Ilmiah

cover pkmBerikut materi dan acuan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) tahun 2017. Download:

  Panduan PKM2017-2018
Judul PKM lolos pendanaan 2016
Judul PKM lolos pendanaan 2015
Judul PKM lolos pimnas 2015(di UHALO)
Pemenang Pimnas ke 27 (di UNDIP 2014)
Judul PKM lolos pendanaan (tahun 2014)
Judul PKM lolos PIMNAS (tahun 2014)
Judul PKM lolos pendanaan (tahun 2013)
Judul PKM lolos pendanaan (tahun 2012)
Judul PKM UB 331 lolos pendanaan (2014)

Materi Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah 2017 (CEER)

Cahaya di Pesisir Malang Selatan

Rumah pohon yang sudah terpasang lampu dari listrik yang dihasilkan solar cell adalah salah satu fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung untuk menginap di Pantai Sendiki.
FOTO/LUGAS WICAKSONO

Pagi menjelang siang Sutikno bersama kolega-koleganya bersiap memasang Photovoltaic (PV)/ Solar Cell atau panel surya di jalan setapak menuju Pantai Sendiki, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat (8/9/2017). Ketua kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Sendiki Singo Lelono ini memasang batang-batang pohon yang akan digunakan sebagai tiang penyangga solar cell agar bisa menyerap sinar matahari dengan maksimal sebagai energi listrik.

Kembangkan Potensi Daerah, UB Hibahkan Panel Surya Ke Warga Pantai Sendiki

Project listrik tenaga surya UB di Pantai Sendiki ini dilaksanakan melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan tema Difusi Teknologi Piranti Konversi Energi Surya untuk Pemberdayaan Masyarakat Kawasan Pesisir Pantai Sendiki. Pengembangan program ini diwujudkan melalui pemasangan instalasi sepuluh set panel surya masing-masing 100 Wp dan 50 Wp di kantor balai desa dan berbagai titik sekitar Pantai Sendiki.

Eka Maulana selaku tim pelaksana memaparkan bahwa pengabdian masyarakat ini sebagai upaya untuk mendukung ketahanan listrik dan perkembangan ekonomi warga Pantai Sendiki yang selama ini tidak mendapatkan pasokan listrik dari PLN.

“Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk memajukan wisata pantai sehingga dapat meningkatkan perekonomian warga pesisir melalui pemanfaatan sumber daya alam terbaharukan,” tuturnya.

ia juga menambahkan bahwa kotak hubung panel surya ini dirancang sendiri oleh tim pelaksana. Terbuat dari acrylic, kotak ini dapat mencegah terjadinya korosi yang notabene sering terjadi pada besi di daerah pesisir pantai.

Read More…

IEEE Colloquium Supports Energy Security

Energy is the world crucial issue. The increased of energy demand caused by population growth and depletion of the world’s oil reserves and fossil fuel emissions issues demand that humans should immediately produce and use renewable energy. Answering this challenge, Department of Electrical Engineering (TE), Faculty of Engineering Universitas Brawijaya (FT-UB) held a Colloquium on Saturday (26/Aug/2017).

This Colloquium’s presented by Powers Systems Engineering and the Energy Management Research Group in cooperation with the UB Student Branch Institute of Electrical and Electric Engineers (IEEE). Held in the TE 1.6 Classroom, this annual seminar features three speakers; Prof Arif Nur Afandi ST MT MIAEng MIEEE PhD, Ir Hadi Suyono ST MT PhD IPM, and Eka Maulana ST MT MEng.

Read More…

Mahasiswa FT Jadi yang Terbaik di EXPLOSCIENCE 2017

IMG-20170521-WA0002Dua Mahasiswa Angkatan 2015 Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Barwijaya (FT-UB) menjuarai Kompetisi Paper Nasional EXPLOSCIENCE 2017 pada 21 Mei 2017 yang lalu. Muhammad Rizky Wira Utomo dan Mohammad Mufti Fajar meraih juara pertama dengan judul paper ‘OWAPTRINE (Ocean Wave Piezoelectric Producing Electrical Energy) sebagai Aplikasi Sains dalam Mengurangi Penggunaan Bahan Bakar Kapal dan Langkah Inovatif dalam Realisasi Sustainable Development Goals‘.

Dalam mengembangkan inovasi Cantilever Pizoelektrik sendiri tim ini dibimbing oleh Eka Maulana, ST., MT., M.Eng., sedangkan dalam penyusunan papernya keduanya dibimbing oleh Dosen Jurusan Arsitektur Subhan Ramdlani, ST., MT., yang kebetulan sedang mengadakan penelitian di kampung nelayan Sendang Biru.

Read More…

“Energi, dari UB untuk Indonesia”

cover energiMembangun potensi mahasiswa baru khususnya di bidang inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi tujuan Krida Mahasiswa (KRIMA), Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT-UB) tahun ini. Hari kedua Krida yang dilaksanakan pada Sabtu, 8 Oktober 2016 diisi dengan materi mengenai permasalahan yang ada di Indonesia dalam bidang keteknikan.

Sebanyak kurang lebih 1100 mahasiswa baru, dibagi menuju lima cluster untuk menerima sesi materi dan pendampingan. Kelima cluster tersebut ialah Auditorium Prof. Ir. Suryono, Ruang Kuliah dan Ruang Kapita Selekta Jurusan Pengairan, Gedung Baru Arsitektur, dan Gedung Kuliah Teknik Elektro. Read More…

Mahasiswa UB Ciptakan Alat Penentu Jenis Kelamin Ternak

Alat untuk mengatur jenis kelamin ternak atau SWIMP UP-SORTER karya mahasiswa UB berhasil meraih gold prize pada kompetisi internasional The 3rd International Young Invnetors Award (IYIA), yang diselenggarakan di Surabaya Convention Hall, selama tujuh hari (6/9-8/9/2016).

Tim SWIMP UP-SORTER digawangi oleh Frido Wahyu A. (FT), Ronny Ari Setiawan (FT), Dimas Firdaus Adami (FAPET), Wahyu Setiawan (FAPET), dan Mirsa Ita Dewi Adiana (FAPET) berada dibawah bimbingan dosen Eka Maulana, ST. M.Eng (FT) dan Dr. Ir. Gatot Ciptadi, DESS (FAPET).

SWIMP UP-SORTER adalah inovasi teknologi penyortir spermatozoa X dan Y yang bisa menentukan jenis kelamin. Read More…

Robot-Robot TEUB Upacara Bendera HUT-RI

MALANGTIMES- Euforia hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus bukan hanya milik segenap bangsa Indonesia, namun robot pun juga ikut merayakan Hari Jadi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 71 dengan melakukan upacara bendera dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Bertugas sebagai pembina upacara Enbios yakni robot yang diikutsertakan dalam Kontes Robot Sepakbola Indonesia (KRSBI), selaku pengibar bendera Yume dari Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) berkaki dan Rajwa Kontes Robot Seni Tari Indonesia  (KRSTI).

Sementara yang bertugas sebagai dirigen adalah Reena robot untuk KRSTI. Tak hanya itu seperti layaknya upacara pada umumnya dalam upacara robot ini juga diikuti oleh peserta upacara yaitu Zavina dan Invicto. Keduanya adalah robot yang diikutkan dalam KRPAI dan Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI). Read More…