Inspiring the World

Eka Maulana, ST., MT., M.Eng

Panel Surya untuk Perahu Nelayan

Tamban-DSC00347 Di wilayah Jawa Timur, Desa Tambakrejo memiliki potensi wisata dan perikanan yang sangat prospek untuk dikembangkan. Di pesisir selatan masih ada sekitar 10 pantai lain yang berpotensi dan belum banyak diketahui masyarakat. Pantai-pantai tersebut diantaranya pantai Sendiki, Clungup, Gatra, Bangsong, Asmoro, Sapana, Mini, Batu Pecah, Bukit Wareng, dan Tiga Warna. Dari kajian tim, potensi yang sangat menonjol dari Desa Tambakrejo adalah desa wisata. “Kondisi pantai masih sangat alami dan bersih. Sayangnya, jaringan listrik juga belum masuk ke daerah tersebut,” ujar Eka Maulana setelah meninjau lokasi pada 28 Juli yang lalu.

Eka juga meambahkan, pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan potensi alam yang ada untuk mendukung kegiatan sosial ekonomi masyarakat pesisir perlu diupayakan dan didukung. Oleh karena itu tim bekerjasama dengan Pemuda Karangtaruna, nelayan, Kelompok sadar wisata (Pokdarwis), dan Perangkat desa Tambakrejo, tim memberikan pelatihan solar cell dan sosialisasi mengenai pemanfaatan energi surya pada tanggal 25 dan 26 Agustus 2018.

perahu

tamban (1) Teknik Elektro Universitas Brawijaya (TEUB) kembali mengenalkan teknologi energi alternatif ramah lingkungan sel surya kepada warga Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Kegiatan ini digagas oleh dua dosen TEUB, Raden Arief Setyawan, ST, MT dan Eka Maulana, ST, MT, MEng.

Rombongan yang melibatkan dosen dan mahasiswa ini berfokus pada pemberdayaan masyarakat pesisir melalui potensi kawasan pantai  dan pemanfaatan potensi energi ramah lingkungan khususnya energi matahari.
Pelatihan solar cell sendiri dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus 2018. Materi yang diberikan antara lain yang berkaitan dengan konversi energi surya, teknik perakitan, dan perawatan perangkat panel surya.

tamban (5)

“Kami juga berikan materi tentang penerapan sistem panel surya pada perahu/kapal nelayan dan penerangan pesisir pantai. Selain itu sistem ini nantinya juga bisa digunakan untuk kelistrikan alternatif daerah-daerah yang belum teraliri listrik PLN,” ungkapnya.

Untuk perahu, tambahnya, selain digunakan untuk nelayan, kedepan alat tersebut dapat diaplikasikan untuk kelistrikan sistem pendingin ikan dan penggerak perahu dengan motor listrik menggantikan bahan bakar minyak.

tamban (6)Tak hanya memberikan sosialisasi, tim juga menghibahkan lima set perangkat panel surya yang diserahkan secara simbolis oleh Raden Arif kepada Kepala Desa Tambakrejo, Yonatan Saptoes.

“Terima kasih kepada segenap tim pengabdian masyarakat Teknik Elektro, semoga kegiatan ini bermanfaat bagi warga desa Tambakrejo dan untuk membantu kebutuhan kelistrikan daerah setempat,” ujar Yonatan menutup kegiatan sore itu. (mic)

Sumber: FT, Humas UB, JatimTimes 

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

CAPTCHA Image
*