Inspiring the World

Eka Maulana, ST., MT., M.Eng

workshop IoT HMEDivisi Mikrokontroler Workshop Himpunan Teknik Elektro (HME) Universitas Brawijaya (FT-UB) menyelenggarakan Seminar & Training Internet of Things (IoT) untuk umum.  Mengusung tema Real Time Applied Science with IoT, acara berlangsung di Ruang sidang Teknik Mesin (FTUB) selama dua hari, 24-25 Maret 2018.

Hadir membuka acara keempat rangkaian Dies Natalis HME FTUB Ke-38 ini, Ketua Program Studi S1 Teknik Elektro FTUB, Ali Mustofa, ST., MT. Setelah pembukaan acara dilanjutkan dengan pengenalan tentang mikrokontroler dan peripheral lainnya serta seminar. Seminar dengan tema “IoT for Future Technology” disampaikan oleh Eka Maulana ST, MT, M.Eng., dosen sekaligus praktisi elektronik dan otomasi.

Dihadapan peserta yang terdiri dari 84 peserta siswa SMA/SMK, mahasiswa, dan umum ini Eka memberikan materi yang meliputi pembuatan hardware sistem, mengisikan kode ke hardware, membuat aplikasi android, serta menghubungkan hardware dan aplikasi android dengan menggunakan database. Eka juga berharap agar nantinya peserta workshop ini dapat membuat sistem kontrol dan monitoring jarak jauh dengan hanya menggunakan smartphone saja.

workshop IoT HME

“Perkembangan zaman menuntut segala pekerjaan dilakukan secara praktis, tak menutup kemungkinan seluruh pekerjaan bisa dipantau melalui smartphone,” tukasnya.

Fahri Alfin selaku ketua panitia juga berharap agar workshop ini dapat memberikan inspirasi agar peserta dapat membuat inovasi untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari bagi manusia.

“Kalau sudah bisa membuat aplikasi tanggap darurat, asal ada jaringan internet, siapapun bisa melakukan monitoring dari mana saja. Mungkin ini juga bisa dijadikan penelitian dan manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat luas,” ungkapnya.

workshop IoT HMEAntusias peserta semakin terasa di hari kedua. Setelah mendapatkan pelatihan software arduino dan database di hari pertama, terbagi menjadi 28 tim seluruh peserta diajak membuat aplikasi secara langsung di hari kedua.

“Alhamdulillah animonya tinggi, peserta terjauh acara ini ada dari Mamuju, Sulawesi. Meskipun dua hari ini acaranya cukup padat, dari pagi sampai siang non-stop, antusias peserta tidak turun. Semoga acara ini bisa memberikan banyak ilmu, manfaat, dan kebaikan-kebaikan bagi kita semua,” harap Fahri saat ditemui di akhir acara

 

Sumber: FT-UB

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

CAPTCHA Image
*