Inspiring the World

Eka Maulana, ST., MT., M.Eng

IoT 2017Di era di mana internet sudah merambah hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat, maka Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Brawijaya mengadakan  IoT (Internet of Things) Design Contest and Workshop. Tujuan kegiatan ini adalah agar Mahasiswa teknik elektro memiliki wawasan yang luas mengenai Internet of Thing serta dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu mahasiswa diharapkan mampu mendesain aplikasi berbasis IoT dalam bidang industri.

IoT (Internet of Things) sendiri adalah sebuah konsep dimana suatu objek memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer. IoT telah berkembang dari konvergensi teknologi nirkabel, micro-electromechanical systems (MEMS), dan Internet. Sejauh ini, IoT paling erat hubungannya dengan komunikasi machine-to-machine (M2M) di bidang manufaktur, listrik, perminyakkan, dan gas (5-12/Nov/2017). Bertempat di Jurusan Teknik Elektro, 75 Mahasiswa berpartisipasi dalam kegiatan ini.  IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers)  UB Student Branch dan Himpunan Mahasiswa Elektro, berkolaborasi sebagai penyelenggara.  Rangkaian acara dibagi menjadi sesi workshop dan sesi kompetisi.

IoT 2017 2Pada Sesi Workshop, 4 Pemateri dihadirkan;  Eka Maulana, S.T., M.T., M.Eng, Reza Kemal, Fahrizal Hari Utama, dan Anas Machfudy. Bergantian keempatnya membahas mengenai; Internet dan Communication Technology, IoT System Design , IoT Embedded Programming dan IoT Standard Protocol. Tidak berhenti disesi materi, peserta juga diajak melakukan sesi Laboratorium bertema; Basic IoT Programming berbasis NodeMCU dan Cloud.

Setelah melewati serangkaian workshop dan sesi laboratorium barulah sesi kompetisi dimulai. Para yang terbagi dalam kelompok mempresentaikan ide mereka di hadapan dewan juri  yaitu Eka Maulana, S.T., M.T., M.Eng, Lunde Ardhenta, S.T., M.Sc., Reza Kemal. Para Juara diberi hadiah Uang Pembinaan, Voucher marchendise IEEE dan sertifikat. (emis)

Berikut Daftar Pemenang “IoT Design Contest”:

Juara 1
OctaRudin Mahendra, Achnafian Rafif, Ditza Pasca Irwangsa, Novi Sebtian Amelia, Septi Uliyani
Dengan Judul: WAFLE (Water Flow Management Assistant)

Juara 2
Ardyanda Putra D.Rakhmat Ramadhan, Winda Rizkita, Leonard Dimas Prakoso, Rizky Hamid R.
Dengan Judul : STAF (Smart Strawberry Farm)

Juara 3
Olivia Ferlita, Reynald Darmawan, Pegy Lestari, Ridho Darmawan, Luthfiyah Rachmawati
Dengan Judul : Smart Planting sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Panen Padi

Sumber: FT-UB

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

CAPTCHA Image
*