Inspiring the World

Eka Maulana, ST., MT., M.Eng

UB Expo 2015 – Smart Grid Solar Cell

Peringatan dies natalis Universitas Brawijaya juga dimeriahkan dengan expo pameran produk unggulan komersial dari dosen dan mahasiswa UB. Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari (21-22/12/2015) tersebut dimeriahkan oleh 50 stand produk unggulan.

Beberapa stand yang ikut mendukung expo produk unggulan adalah alat pengumpul cahaya matahari yang dibuat oleh dosen FT UB Eka Maulana, ST., M.Eng. Alat yang diberi nama Smart Grid tersebut dibuat berdasarkan inspirasi dari negara Jepang yang sudah menggunakan energi matahari untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Cahyo Tribuano, yang merupakan mahasiswa bimbingan Eka mengatakan bahwa di Jepang, rumah tangga sudah tidak tergantung pada listrik negara. Mereka menggunakan energi matahari, bahkan energi tersebut juga dijual ke perusahaan listrik pemerintah.

Smart grid bekerja dengan menggunakan  solar cell. Cahaya matahari ditangkap oleh solar cell kemudian disimpan kedalam sebuah baterai. Energi yang tersimpan bisa disalurkan untuk keperluan rumah tangga mulai dari lampu, televisi, bahkan kulkas.

“Proses pengumpulan cahaya matahari membutuhkan waktu sembilan jam. Jika kondisi cuaca stabil, maka dalam waktu sembilan jam Energi yang terkumpul sebanyak 45 ah. 45 ah energi yang terkumpul mampu menyalakan lampu penerangan jalan dalam waktu tiga hari,” kata Eka.

Eka berharap ke depan smart grid bisa diterapkan di UB untuk mengurangi pemakaian energi listrik yang besar. Selain itu, smart grid juga dilengkapi dengan monitoring dan penyimpanan data untuk efisiensi energi sehingga akan diketahui jumlah energi yang masuk dan keluar.

Jika smart grid dibuat dengan berdasarkan konsep menuju UB kreatif dan mandiri energi, maka caprine milk dibuat dengan memanfaatkan protein susu kambing.

Selain susu yang sudah melalui tahap pasteurisasi, produk olahan lain adalah keju, sabun, dan body lotion.

Kandungan protein susu kambing juga berfungsi untuk menghaluskan, melembabkan, melembutkan, memutihkan, mencerahkan, dan meremajakan sel-sel kulit.

Berbagai penelitian terkait dengan pemanfaatan susu kambing tersebut telah dilakukan oleh anggota kelompok penelitian SMONAGENES, yang anggotanya antara lain Prof. Fatchiyah, M.Kes., Ph.D; Widodo, S,Si., M.Si., Ph.D. Med. Sc, dan Prof. Dr. Ir. Chanif Mahdi, MS. [Oky Dian/Humas UB]

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

CAPTCHA Image
*