Inspiring the World

Eka Maulana, ST., MT., M.Eng

Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT-UB) kembali mendapatkan kunjungan dari University of Miyazaki(UoM), Kamis (3/Sep/2015). Kali ini kedatangan universitas rekanan UB dari Jepang tersebut diwakili oleh Associate Professor dari Fakultas Pendidikan dan Ilmu Budaya, Dr. Kumiko Fujii, yang mendampingi  8 mahasiswa dari Fakultas Teknik.

Kedelapan mahasiswa tersebut adalah Natsuki Funatsu, Kake Sakamoto, Ayaka Tajiri,  Kio Muratomi, Nao Hanokawa, Takashi Yoshiura, Takanori Yamaguchi, dan Hiroki Sato.

Rombongan UoM disambut oleh Coordinator of International Collaboration and International Liaison Officer for USA and Japan IO-UB Ir. Agus Suharyanto, M. Eng., PhD., Wakil Dekan Bidang Akademik FT-UB Dr. Ir. Surjono, MTP., perwakilan dosen Jurusan Teknik Elektro Eka Maulana, ST., M.Eng, serta perwakilan mahasiswa dari Jurusan Teknik Elektro dan Jurusan Teknik Mesin.

“Pertemuan ini adalah kesempatan untuk menjajaki penelitian apa saja yang dapat dikolaborasikan diantara kedua belah pihak,” ungkap Surjono saat menerima rombongan UoM di Meeting Room Lantai 3 gedung dekanat.

Maka dari itu, momen kunjungan ini digunakan oleh kedua belah pihak, mahasiswa khususnya, untuk memaparkan profil dan beberapa penelitian terbaru dari masing-masing jurusan.

Ayaka Tajiri dari Department of Apllied Physics and Electronic Engineering UoM misalnya, mahasiswi 20 tahun ini memaparkan perangkat elektronik kreasinya yang berfungsi sebagai efek gitar bass bernama Stomp Box.

Kemudian Kio Muratomi dari Department of Environment Robotics UoM memaparkan pengalamannya selama setahun berkuliah di universitas yang berada di Pulau Kyushu tersebut. Dari penjelasannya terungkap bahwa departemen mereka sedang giat melakukan penelitian di bidang polymere electrolyte fuel cellnickel-hydrogen second battery, dancellulose resolution functional catalyst.

Tak ingin kalah dari rekan-rekannya dari Jepang, Irham Tantowi Hamdi dari Jurusan Teknik Elektro menyampaikan desain dan implementasi Pedal Assisted System (PAS) untuk sepeda elektrik. Dari hasil penelitiannya bersama dosen Jurusan Teknik Elektro ini ia mengklaim dapat meningkatkan efisiensi kapasitas baterai 2,71% sampai 3,12% dari kapasitas baterai dalam waktu 10 menit.

Tak ketinggalan, kiprah Tim Robot Jurusan Teknik Elektro disampaikan oleh Fadianto Mirza. Saat mereka menampilkan gerakan tim robot seni yang dapat mengikuti gerakan tari idol grup dari Jepang AKB 48, rombongan mahasiswa dari UoM menyambutnya dengan tepuk tangan yang meriah.

Selanjutnya, M. Furqon Alfarizi, Safia A.S., dan Happy H.K dari Jurusan Teknik Mesin melanjutkan paparan dengan presentasi profil jurusan terkait sekaligus mempromosikan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan. Termasuk diantaranya, Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) yang akan digelar Oktober mendatang. (and)

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

CAPTCHA Image
*