Inspiring the World

Eka Maulana, ST., MT., M.Eng

Sosialisasi PKM 2015

Dengan tujuan meningkatkan jumlah proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang didanai Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI), Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT-UB) melalui Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) menggelar Sosialisasi PKM 2015 di Auditorium Prof Ir Suryono, Selasa (22/Sep/2015).

Kegiatan diisi dengan paparan kiat-kiat sukses PKM baik dari pemateri internal maupun fakultas lain. Mereka adalah Dr.Eng Moch. Agus Choiron, ST., MT (dosen Teknik Mesin), Eka Maulana, ST., M.Eng (dosen Teknik Elektro), dan Siti Ayu Hemas, Alif Fariz Jazmi, Surya Iman Muhammad dari Fakultas Kedokteran.

Acara ini ditujukan untuk 250 tim PKM yang telah mendapatkan username dan password untuk mengunggah proposal PKM pada Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SIM-LITABMAS) DIKTI.

Tahun lalu, Fakultas Teknik menempati peringkat kedua di UB untuk proposal PKM yang berhasil didanai DIKTI dengan 60 proposal.

Menurut Ketua BEM Resha Valerian, mahasiswa berada di garis terdepan sebagai penuntut dan penjunjung ilmu. Ilmu tersebut akan menjadi lebih bermanfaat apabila diterapkan pada kegiatan seperti PKM. “Harapannya dari acara ini mereka akan mendapatkan kreatifitas dan inovasi dari ilmu-ilmu yang telah dipelajari,” ujar mahasiswa Teknik Kimia tersebut.

Dalam kesempatan ini Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Dr. Slamet Wahyudi, ST., MT menghimbau mahasiswa agar gemar menulis. Utamanya dalam kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dimana PKM termasuk di dalamnya.

“Di bangku SMA mereka (mahasiswa FT-UB) minimal 5 atau 10 besar di kelasnya sehingga memilih kuliah di fakultas teknik. Kalau kita merenung apa kita sudah puas begitu saja? Mampukah teknik mengantarkan kesuksesan di masa depan? Sehingga inilah perlunya mahasiswa mengikuti PKM sebagai rintisan kesuksesan,”  ungkapnya.

Dosen asli Jember ini melanjutkan, UB mengucurkan dana melimpah untuk kegiatan kemahasiswaan. Namun, konstribusi mahasiswa teknik dirasa masih kurang. Hal ini ditandai dengan rata-rata proposal PKM Kewirausahaan yang berhasil didanai DIKTI dari fakultas lain mencapai 40 proposal, sedangkan dari FT-UB hanya mencapai 10 proposal.

“Kita mengenal dunia dengan membaca, supaya kita dikenal dunia maka kita harus menulis. Cobalah menulis, menulis tidaklah sulit, tulislah impian kita. Kalau anda punya mimpi, anda punya semangat hidup, kalau punya semangat hidup anda akan merencanakan hidup,” pungkasnya. (and)

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

CAPTCHA Image
*